Cara Setting Child Name dan Name Server pada domain Ke IP Vps(custome name Server)

Asalamualaikum Wr,Wb .ketemu lagi dengan saya tentunya di egasumbar hari ini saya akan berbagi seputar Domain. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada teman – teman semua bagaimana caranya kita melakukan setup child name dan name server pada suatu domain . Lalu apakah fungsinya ?.sebelum masuk ke tutorial tentu kita harus mengetahui apa itu Child name .jadi yang dimaksud child name pada domain kalau menurut saya adalah. kita bisa membuat costume name server menggunakan menu child name sehingga kita bisa mengarahkan domain tersebut ke ip vps kita secara full.sehingga nantinya jika kita menggunakan panel di vps/hosting contoh seperti cyber panel,cpanel dan lain-lain maka secara otomatis vps/hosting bisa membuat dns record secara otomatis tanpa kita harus setting manual di domain kita nantinya. dan bukan hanya itu kita juga bisa langsung membuat costume dns record dari vps kita dan intinya sih kita gak perlu kerja 2x gitu cukup hanya di vps kita saja tanpa kita harus otak atik domain . ok kita lanjut ke tutorialnya .

pada kasus ini saya berlangganan domain di niaga hoster dan saya beli vps ditempat lain . kemudian untuk managamennya saya mennggunakan cyber panel teman-teman bisa juga menggunakan panel apapun yang penting sesuai selera .secara default settingan domain saya yaitu egasumbar.com pada niaga hoster name servernya adalah ns3.niagahoster.com dan ns4.niagahoster.com nah tentu jika saya mengarahkan menggunakan dns record ke ip vps saya maka bisa di bilang tidak full. karena ketika nanti contohnya saya bikin sub domain pada domain saya tentu akan membuat saya bekerja dua kali.pertama bikin sub domain dulu di vps kedua bikin dns record lagi di panel domain saya /member area niaga hoster. nah penyebabnya apa karena name server kita masih mengarah ke niaga hoster .jadi sekarang kita akan mengarahkan name server kita secara full ke ip vps kita .yang mana sebelumnya name server kita adalah ns3.niagahoster.com dan ns4.niagahoster.com dan sekarang saya akan ganti ke ns1.egasumbar.com dan ns2.egasumbar.com yang mana masing ns1 dan ns2 nantinya saya akan arahkan ke ip vps kita nantinya .

  1. pertama saya akan login dulu ke member area niaga hoster .kemudian di member area pilih layanan > domain > kelola domain seperti Gambar dibawah ini :
Gambar1

2. kedua setelah memilih kelola domain maka silahkan masuk ke tab Child Name >pilih Add record >isikan ns1 kemudian isikan ip vps anda Seperti gambar berikut ini :

Gambar2

3.Lakukan cara nomor 1 dan nomor 2 dengan ip yang sama tapi untuk yang kedua nsnya ganti ke ns2 sehingga menjadi seperi gambar berikut ini :

Gambar3

4. Sekarang dari tab child silahkan berpindah ke tab name server silahkan hapus name server yang tersedia dan ganti ke ns1.domainanda.com dan ns2.domainanda.com dan kemudian klik update seperti contoh gambardi bawah ini:

Gambar4

Nah sampai disini kita sudah berhasil mengarahkan domain kita ke name server baru kita yang ipnya mengarah ke ip vps kita .namun perlu diketahui perubahan ini tidak langsung berubah dikarekan ada masa propagasi dari domain kita biasanya 1×24 jam .dan untuk melakukan pengujian silahkan lakukan ping di cmd ke ns1.domain.com dan ns2.domain.com dan silahkan lihat apakah sudah mengarah ke ip vps kita seperti contoh di bawah ini :

Gambar5

Nah Jika Sudah Seperi Gambar di atas maka pada panel kita seperti cyber panel,cpanel dan lain-lain kita sudah bisa melakukan add domain/sub domian kita sendiri contoh seperti domain saya yaitu egasumbar.com .setelah itu kita lakukan uji coba apakah domain yang kita add/tambahkan sudah bisa di akses atau belum dan silahkan lihat apakah dns recordnya juga sudah di add secara otomatis seperti gambar di bawah ini .

1.Add/domain kita ke panel vps.
2.Domain Berhasil di Akses

Uji coba terahir adalah coba kita bikin sub domain kemudian kita akses dan kita cek apakah dns recordnya sudah mengarah ke ip vps kita seperti gambar berikut ini :

create Sub domain :
Hasil dns record
Sub domain Sudah berhasil Kita akses .

Kesimpulan :
Nah seperi yang sahabat lihat semua kita bisa menyimpulkan membuat costume name server sendiri sebenarnya mudah- mudah saja .dan manfaat yang kita dapatkan juga ada serta memudahkan kita me-manage domain dan website-website kita nantinya .dan berikut manfaat yang menurut saya setelah membuat custome name server sendiri :
1. Tidak perlu membuat dns record ketika membuat sub domain
2. bekerja hanya di satu panel saja .
3. bisa langsung mengarahkan sub domain kita ke ip tertentu .
4. Domain kita ketika di cek melalui https://who.is/ maka akan terlihat profesional
dan mungkin ada banyak lagi bagi manfaatnya bagi rekan-rekan yang penasaran bisa langsung mencoba tutorialnya .Sekian dan terimakasih .

Artikel by egasumbar.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *